Friday, February 17, 2017

pertumbuhan bayi usia 7 bulan
Pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 7 bulan mungkin dapat juga dikatakan sebagai salah satu fase dari masa ke masa pertumbuhan bayi ibu. Di tiap penambahan usia mereka tentu akan selalu terdapat pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda dibandingkan dengan masa usia mereka sebelumnya.
Salah satunya ketika usia mereka menginjak 7 bulan. Pada masa usia ini bayi ibu akan mulai terlihat lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Sebagian orang tua mungkin akan merasa kaget atau cemas pada masa usia 7 bulan ini, karena biasanya bayi akan mengalami penurunan berat badan yang disebabkan oleh aktivitas sang bayi.

Pertumbuhan dan Perkembangan Usia Bayi 7 Bulan

Terdapat banyak perubahan fisik yang terjadi pada tubuh mereka, dan seiring dengan hal tersebut biasanya berat badan mereka pun akan cenderung berkurang. Hal ini terjadi karena besarnya tenaga yang mereka keluarkan hingga membutuhkan banyak energi. Namun ibu jangan merasa takut, karena pada masa usia ini juga tingkat konsumsi makanan mereka akan ikut meningkat.
Perkembangan dan pertumbuhan bayi pada masa usia 7 bulan ini dapat dikatakan cukup menakjubkan. Pasalnya terdapat banyak hal baru yang akan ibu temukan dan belum pernah mereka lakukan pada masa-masa usia sebelumnya. Bagi ibu yang penasaran, maka inilah beberapa fase pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 7 bulan yang dapat diperhatikan.

Pertumbuhan Fisik Usia Bayi 7 Bulan

fisik bayi usia 7 bulan
Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas sebelumnya, bahwa pada usia 7 bulan ini bayi ibu akan mengalami pertumbuhan fisik yang terlihat signifikan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Bayi ibu akan mulai memiliki kemampuan otot tangan dan jari yang lebih sempurna. Sehingga mereka mulai senang menggunakan jari mereka untuk memegang benda yang lebih berat.
  2. Pada masa usia 7 bulan ini juga bayi ibu akan memiliki otot kaki yang lebih kuat. Pinggul mereka juga dikatakan lebih baik dan mereka sudah mulai mampu merangkak hingga duduk sendiri.
  3. Dengan kemampuan tangan dan kaki tersebut, bayi usia 7 bulan juga biasanya akan mulai mencari pengangan untuk tumpuan mereka saat ingin berdiri sendiri. Namun pada hal ini sebaiknya ibu selalu mengawasi karena kemampuan ototnya masih belum sempurna.
  4. Pada sebagian bayi, usia 7 bulan ini merupakan masa-masa petumbuhan awal gigi mereka. Sehingga jangan khawatir jika mereka akan mulai rewel hingga demam.

Pertumbuhan Motorik Usia Bayi 7 Bulan

Motorik bayi usia 7 bulan
Selain pertumbuhan fisik mereka, pada usia 7 bulan maka kemampuan motorik bayi ibu pun akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Apa saja kemampuan motorik yang meningkat pada usia 7 bulan ini? Berikut penjelasannya :

  1. Pada masa usia 7 bulan biasanya bayi ibu akan mulai lincah mengambil dan menyimpan mainan mereka. Kemampuan motorik kasar dan halus mereka pun semakin baik ditandai dengan aktivitas seperti merangkak, berguling, bergeser.
  2. Selain itu, mereka juga biasanya akan mulai bisa duduk sendiri tanpa atau dengan bantuan dari orang lain.
  3. Dengan kemampuan motorik tersebut, bayi juga biasanya sudah mulai bisa memegang cangkir mereka sendiri dengan baik hingga mulai memiliki kemampuan untuk memisahkan benda-benda yang saling berdekatan.
  4. Pertumbuhan motorik kasar mereka juga dapat dilihat dengan kemampuan mendorong benda yang akan menjadi kegemaran baru mereka.

Pertumbuhan Sensorik Usia Bayi 7 Bulan

Sensorik bayi usia 7 bulan
Tidak hanya kemampuan motorik dan fisik saja yang meningkat, namun pada saat memasuki usia 7 bulan, kemampuan sensorik mereka juga akan ikut meningkat secara signifikan. Beberapa pertumbuhan sensorik yang dapat terlihat pada bayi berusia 7 bulan antara lain adalah :

  1. Kemampuan mendengar yang sudah lebih baik, sehingga rata-rata mereka sudah mulai mengerti ketika diberikan arahan larangan atau mengijinkan untuk memainkan sesuatu. Mereka juga mulai mengenali sumber suara walaupun tidak melihatnya secara langsung.
  2. Pada masa usia 7 bulan ini juga bayi ibu sudah mampu mengenal seluruh jenis warna, biasanya warna-warna tersebut akan lebih mudah mereka kenali melalui mainan. Maka dari itu ibu dapat memberikan mereka mainan yang memiliki unsur edukasi.
  3. Kemampuan komunikasi mereka juga meningkat signifikan. Saat ini, mereka biasanya akan memberikan respon ketika diajak berkomunikasi hingga mulai gemar berceloteh.
  4. Selain berkomunikasi melalui perkataan aatu celotehan, bayi usia 7 bulan juga biasanya sudah mulai mampu memberikan ekspresi wajah. Contohnya seperti mengerutkan dahi hinga tersenyum bahkan berdesah saat mereka tidak menyukai sesuatu.
  5. Dengan kemampuan berceloteh tersebut biasanya bayi ibu juga akan mulai gemar bermain ludah hingga membuat suara-suara dengan mulut mereka.

Perkembangan Emosi Usia Bayi 7 Bulan

Emosi Bayi Usia 7 Bulan
Saat menginjak usia 7 bulan, bayi ibu pun akan mulai mampu mengekspresikan emosi mereka di berbagai kondisi. Beberapa perkembangan emosi tersebut antara lain seperti :

  1. Kemampuan memori yang meningkat akan membuat emosi mereka semakin peka. Mereka sudah mulai dapat mengenali hingga memberikan reaksi pada emosi seperti marah atau sedih hingga gembira dengan cara menangis atau tertawa.
  2. Dengan kemampuan tersebut, bayi ibu juga akan mulai memiliki kemampuan untuk menunjukan ekspresi emosi mereka melalui mimik wajah mereka.
  3. Pada masa usia ini, mereka juga akan mulai memiliki ikatan batin yang kuat selain dengan orang tua mereka.
Demikian di atas tadi adalah beberapa pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 7 bulan yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi bayi terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat bagi ibu semuanya.

Tabel Perkembangan Bayi Umur 7 Bulan

Pertumbuhan Perkembangan
Fisik
  1. Mampu Memegang Benda
  2. Mulai Bisa Merangkak
  3. Mulai mencari pegangan untuk berdiri
  4. Gigi akan mulai tumbuh (mungkin mengakibatkan rewel)
Motorik
  1. Mulai lincah memngambil mainan
  2. Duduk sendiri tanpa bantuan
  3. Menemukan kegemaran baru
Sensorik
  1. Mendengar lebih baik
  2. Mengenali sumber suara
  3. Mulai mengenali warna
  4. Gemar berceloteh
Emosi
  1. Dapat mengenali dan memberikan reaksi
  2. Dapat berekspresi dengan mimik wajah
  3. Mengenali orang lain selain orang tua