Skip to main content

Tips dan Cara Merawat Bayi Usia 3 Bulan

Cara merawat bayi umur 3 bulan tentu saja berbeda dengan cara perawatan bayi saat mereka masih berumur satu atau dua bulan. Karena pada saat memasuki masa usia tiga bulan, bayi ibu tentu akan memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang lebih signifikan dibandingkan dengan masa usia sebelumnya.
bayi umur 3 bulan
Dapat mengetahui tumbuh kembang sang buah hati tentu saja akan menjadi hal yang paling menarik bagi setiap orang tua pada umumnya. Pada masa-masa tersebut, setiap orang tua dapat mengetahui perubahan demi perubahan yang terjadi pada buah hati mereka. Dan tentu saja masa-masa tersebut hanya akan terjadi satu kali selama pertumbuhan mereka.

Tips dan Cara Merawat Bayi Umur 3 Bulan

Pada masa usia tiga bulan, pada umumnya bayi sudah mulai sadar dengan lingkungan sekitar mereka. Mereka sudah memiliki jadwal tidur yang mulai lebih teratur serta memiliki pola makan dan bermain yang juga semakin teratur. Pada masa usia 3 bulan ini, ibu dapat memiliki waktu istirahat yang lebih banyak karena si kecil sudah mulai memiliki pola hidup yang lebih teratur.
cara merawat bayi umur 3 bulan

Adapun beberapa fase perkembangan yang akan dilalui oleh bayi saat umur mereka menginjak tiga bulan, antara lain seperti :

  1. Kemampuan motorik yang meningkat signifikan, seperti berkurangnya refleks kaget, otot dan tubuh yang bertambah kuat, mulai menendang, singkronisasi antara pandangan dan tangan mereka, hingga mulai berceloteh.
  2. Memiliki pola tidur yang semakin membaik dan juga teratur.
  3. Peningkatan kemampuan indera mereka seperti pendengaran dan penglihatan yang semakin jelas, senang melihat objek dengan warna yang tajam dan kontras, hingga mulai mengenali wajah yang menatap mereka.
  4. Dan perkembangan lainnya yang juga terhitung cukup signifikan yakni tingkat komunikasi yang semakin membaik seperti tersenyum, mulai jarang menangis, namun mereka mulai berceloteh dan membuat suara-suara vokal.

Lalu, bagaimana cara merawat bayi umur 3 bulan yang baik dan benar? Apa saja yang sebaiknya dilakukan saat mereka memasuki masa usia 3 bulan? Bagi ibu yang ingin mengetahuinya, maka inilah beberapa tips dan juga cara merawat bayi umur 3 bulan yang dapat ibu perhatikan dengan baik.

Pola Tidur Bayi Umur 3 Bulan

bayi umur 3 bulan tidur

Pada fase-fase ini pola tidur buah hati ibu memang akan semakin membaik dan juga teratur. Walaupun terkadang mereka akan terbangun untuk beberapa saat, namun biasanya mereka akan tertiru kembali dengan sendirinya. Yang sebaiknya ibu lakukan adalah membiarkannya terlebih dahulu ketika ia terbangun pada tengah malam.
Jika tidak menangis atau mengompol, maka biarkan terlebih dahulu mereka antara 30 detik hingga 1 menit. Hal tersebut bertujuan agar bayi ibu belajar bagaimana cara untuk tertidur kembali dengan sendirinya. Selain itu, agar terbiasa, maka saat memberi makan (ASI) atau mengganti popok mereka karena mengompol sebaiknya dilakukan ditempat yang dengan pencahayaan yang redup.
Dengan begitu, bayi ibu pun dapat tertidur kembali dengan mudah karena tidak merasa silau oleh pencahayaan. Cara tersebut juga sekaligus salah satu upaya untuk membuat mereka mengerti bahwa saat malam hari adalah waktunya untuk tidur atau beristirahat.

Cara Berkomunikasi Dengan Bayi Umur 3 Bulan

komunikasi dengan bayi umur 3 bulan

Agar terbiasa dan juga mengerti, maka hendaknya ibu membiasakan untuk berkomunikasi dengan mereka. Hal tesebut dapat dilakukan dengan berbicara dengan mereka dan merespon celotehan mereka. Ibu dapat mencoba menceritakan apa yang sedang dilakuka, seperti misalkan "Ibu ganti popoknya ya," atau "Ayo buka baju, kita mandi," dsb.
Dengan cara tersebut, lambat laun buah hati Anda pun akan mengerti saat mendengar ibu bercerita dan melihat ekspresi wajah ibu. Sehingga buah hati ibu pun akan mulai membuat suara dengan gerak isyarat tersendiri.
Demikian di atas tadi adalah beberaapa perkembangan, pertumbuhan, hingga tips dan juga cara merawat bayi umur 3 bulan yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi seputar bayi di atas dapat menjadi sumber refernsi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Popular Posts