Wednesday, January 18, 2017

bayi umur 5 bulan
Jika bicara soal mengasuh dan merawat bayi umur 5 bulan, tentu ada banyak hal yang wajib ibu ketahui dan diperhatikan dengan baik. Terlebih pada masa usianya ini, mereka sudah mulai harus diperkenalkan dengan jenis makanan padat. Memang tidak harus seluruhnya diperkenalkan secara bersamaan, namun dapat dilakukan dengan cara bertahap.
Di masa usianya yang memasuki 5 bulan ini, perkembangan yang paling signifikan adalah mereka sudah mulai mencoba berbicara dengan jelas hingga mengeksplorasi berbagai macam suara yang dapat mereka buat. Selain itu, kemampuan motorik halus dan juga motorik kasar mereka akan meningkat dan memperlihatkan banyak perubahan.

Loncat Ke :


Cara Merawat Bayi Umur 5 Bulan

merawat bayi umur 5 bulan
Pada masa usia 5 bulan ini juga merupakan masa transisi untuk bayi ibu. Dari yang tadinya tidak dapat melihat jelas, kini mereka mulai dapat melihat dengan jelas. Karena berbagai indera mereka pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan di bulan kelima usianya ini. Selain itu, pola tidur mereka pun semakin teratur dan sudah mulai mengenal siang dan juga malam.
Adapun beberapa perkembangan dan pertumbuhan dari minggu ke minggu yang dapat ibu ketahui pada masa usia mereka yang menginjak 5 bulan, antara lain seperti :

  • Minggu Ke 18 : Sinkronisasi antara suara dengan gerakan
  • Minggu Ke 19 : Lebih senang mendengarkan musik dibandingkan percakapan
  • Minggu Ke 20 : Mulai memahami alur atau jalur
  • Minggu Ke 21 : Mulai mencoba mencocok-cocokan suara dengan gerakan

Dengan kondisinya tersebut, maka sudah tentu cara merawat dan mengasuh mereka pun akan berbeda dari masa-masa sebelumnya. Lalu, apa saja perawatan  yang wajib ibu perhatikan pada bayi berusia 5 bulan? Untuk mengetahui jawabannya, inilah beberapa tips dan juga merawat bayi umur 5 bulan yang dapat ibu perhatikan.


Pemberian Makanan Padat

makanan bayi umur 5 bulan
Hal utama yang harus sangat diperhatikan adalah pemberian makanan padat pendamping ASI. Pada umumnya, memang tidak semua bayi sudah mampu mencerna jenis makanan padat. Namun pada jika bayi ibu sudah mulai tertarik dan juga kondisi tubuhnya memungkinkan untuk menerima jenis makanan padat, maka dapat mencoba memberinya MPASI seperti bubur susu.
Adapun beberapa tanda bayi usia 5 bulan sudah dapat menerima makanan padat, antara lain seperti :

  • Mereka akan terlihat sangat tertarik dengan makanan dengan cara memperhatikan ketika ibu makan. Biasanya bayi ibu akan mulai menyentuh, mengambil, hingga memasukannya pada mulutnya.
  • Tanda lain bayi sudah dapat menerima jenis makanan padat adalah bagian lehernya yang sudah mulai kuat menopang kepala. Sehinga kepalanya tegak dan dapat disuapi makanan.
  • Kemampuan koordinasi pada bibir bawah mereka untuk menyedot makanan yang ada di sendok.
  • Namun yang harus dipastikan ialah usus dan pencernaan mereka yang memang sudah benar-benar siap dan mampu mencerna jenis makanan padat atau sudah mampu memproduksi enzim pencernaan tertentu. Sehingga tidak akan mengganggu sistem pencernaan mereka.
  • Mereka sudah dapat menelan makanan dengan baik, dengan cara mendorong makanan padat yang masuk ke bagian belakanga mulutnya.

Perhatikan dengan baik saat mereka diberikan makanan padat, jika mereka mengeluarkannya atau menolak, maka kemungkinan besar mereka belum sanggup menerima jenis makanan padat. Ibu harus memberinya waktu beberapa hari atau minggu hingga memberikannya kembali jenis makanan padat.


Tips Mengasuh Bayi Usia 5 Bulan

mengasuh bayi umur 5 bulan
Kebanyakan ibu mungkin tidak sedikit yang masih bingung terhadap cara mengasuh bayi saat berusia 5 bulan. Ada baiknya metode atau cara yang digunakan tidaklah sama seperti ketika mengasuh mereka di kisaran usia sebelumnya. Adapun beberapa tips yang dapat ibu perhatikan antara lain seperti :

  • Pada masa usia 5 bulan ini, mereka akan cenderung menyukai musik. Untuk itu, cobalah untuk memutar berbagai macam jenis musik seperti musik klasik, pop, hingga jazz. Saat mereka senang dengan yang mereka dengarkan, maka bayi ibu pun akan menunjukannya dengan cara tersenyum, girang, bahkan hingga berceloteh.
  • Saat memberikan mainan pada mereka, sebaiknya ibu juga mulai aktif memberitahukan nama-nama mainan tersebut agar mereka dapat mengingatnya dan menambah kosakata baru. Berikan jenis mainan berwarna-warni yang dapat merebut perhatian mereka.
  • Dan tips yang terakhir, sebaiknya ibu mulai lebih waspada dan mengamankan rumah atau sekitar mereka. Karena pada masa usia ini, mereka sudah mulai aktif dan mampu bergerak jauh. Jangan sampai ibu lengah dan jauhkanlah berbagai macam benda berbahaya dari sisinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingingkan.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa tips dan juga merawat bayi umur 5 bulan yang benar dan mudah. Semoga informasi perawatan bayi terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk ibu semuanya.