Skip to main content

Cara Merawat Bayi Usia 7 Bulan

bayi umur 7 bulan
Ingin mengetahui perawatan bayi usia 7 bulan yang tepat sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Terlebih di era teknologi modern seperti sekarang ini, dimana ibu bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi mengenai bayi dengan mudah melalui media online. Dengan begitu, pengetahuan ibu mengenai bayi pun akan bertambah.
Selain mengetahui pertumbuhannya dari bulan ke bulan, ibu juga tentu harus mengetahui bagaimana cara merawat bayi pada setiap pertumbuhannya. Tidak terkecuali ketika usia mereka menginjak 7 bulan. Dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, tentu saja perawatan bayi 7 bulan akan membutuhkan cara yang berbeda.

Perawatan Bayi Usia 7 Bulan

merawat bayi usia 7 bulan
Di usianya yang menginjak 7 bulan, tentu saja bayi ibu sudah mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan. Baik pada fisik mereka hingga mental mereka. Lalu, apa saja hal yang harus dilakukan untuk merawat bayi berusia 7 bulan? Berikut ini adalah beberapa perawatan bayi usia 7 bulan yang dapat ibu ketahui.

1. Berikan Mainan yang Tepat

Pada masa usia 7 bulan, bayi ibu biasanya sudah mulai suka melihat berbagai macam benda dari jarak yang dekat. Pada saat itu, mereka juga biasanya akan mulai memasukan berbagai benda atau mainan ke dalam mulut mereka. Untuk itu, pilihlah mainan yang tepat dan aman sehingga tidak membahayakan mereka saat bermain.

2. Mainan atau Benda yang Bersih

Selain mainan atau benda yang aman dan tidak berbahaya, benda dan mainan tersebut juga sebaiknya selalu steril atau bersih. Pasalnya mainan tersebut akan mereka masukan ke dalam mulut dan berpotensi memicu berbagai macam penyakit. Maka dari itu sebaiknya ibu selalu menjaga tingkat kebersihan pada benda yang berada di sekitar mereka.

3. Bermain dan Menjaga

Pada masa usia 7 bulan, tentu saja bayi ibu masih belum dapat ditinggal sendirian. Demi menjaga keamanan mereka saat bermain, maka sebaiknya ibu selalu menemani dan menjaga mereka agar terhindar dari berbagai bahaya. Karena pada masa usia ini, mereka sudah mulai tidak mau diam dan menarik berbagai benda yang ada di dekatnya.

4. Melatih Memori dan Kenangan

Salah satu hal penting yang wajib dilakukan pada bayi ibu saat berusia 7 bulan adalah melatih memori dan kenangan mereka. Salah satu caranya yakni dengan mulai memperkenalkan berbagai macam jenis sumber suara dan memperkanlakn bahasa pada mereka. Karena saat berusia 7 bulan, bayi ibu sudah mulai lebih peka terhadap berbagai macam jenis suara.

5. Mulai Mengenalkan dan Memberikan Makanan Padat

Sebenarnya memperkenalkan dan memberikan jenis makanan padat sudah dapat dilakukan saat mereka berusia 6 bulan. Hanya saja untuk memperkenalkan pada jenis makanan yang lebih padat memang sebaiknya dilakukan secara bertahap. Pada masa usia 7 bulan adalah salah satu saat yang tepat untuk mulai memperkenalkan jenis makanan tersebut.

6. Merangsang Aktivitas Fisik

Jika ibu ingin memiliki bayi yang aktiv, maka sebaiknya ibu pun dapat memberikan rangsangan fisik yang dapat membuat mereka bergerak lebih lincah. Poin ini dapat dilakukan dengan cara mengajak mereka bermain lempar bola. Selain merangsang aktivitas fisik mereka, permainan ini juga akan mulai melatih sisi responsif mereka. Namun tentu saja sebaiknya dilakukan secara perlahan dan berhati-hati.

7. Waktu Tidur

Setelah seharian beraktivitas, maka bayi ibu juga akan membutuhkan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Pada masa usia 7 bulan ini, bayi ibu akan lebih banyak beraktivitas pada siang hari. Sehinga mereka akan mulai jarang terbangun pada malam hari. Untuk itu, buatlah suasana senyaman mungkin saat mereka tidur di malam hari. Juga, penuhi juga kebutuhan makanan mereka sehingga perut mereka akan kenyang dan akan jarang terbangun karena lapar.
bayi 7 bulanan
Itulah beberapa tips dan juga perawatan bayi usia 7 bulan yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi dunia bayi di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk ibu semua, khususnya yang tengah memiliki buah hati berusia 7 bulan.

Popular Posts