Skip to main content

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Apa saja perkembangan umur bayi 8 bulan yang wajib ibu ketahui? Dari waktu ke waktu, bayi akan selalu menunjukan perkembangan yang menakjubkan. Tidak terkecuali pada masa usia 8 bulan, tentu saja banyak perkembangan yang berbeda dibandingkan dengan masa usianya saat masih 7 bulan.
Saat bayi ibu menginjak usia 8 bulan, biasanya mereka akan berubah menjadi sosok yang super sibuk. Ya, karena pada saat mereka berusia 8 bulan, semakin banyak perkembangan yang akan mereka alami dan membuat mereka memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan masa usia mereka sebelumnya.
Bayi Usia 8 Bulan

Seperti Apa Perkembangan dab Pertumbuhan Umur Bayi 8 Bulan?

Mengikuti setiap perkembangan mereka tentu saja merupakan salah satu hal yang wajib diketahui oleh setiap ibu. Dengan begitu, ibu dapat mengerti keinginan sang buah hati hingga merawat mereka dengan benar. Selain itu, ibu juga dapat mengetahui perkembangan fisik dan kesehatan mereka dari waktu ke waktu.
Apa saja perkembangan bayi saat mereka menginjak masa usia 8 bulan? Kemampuan baru apa saja yang mereka miliki di umur 8 bulan ini? Bagi ibu yang ingin mengetahui jawabannya, maka berikut ini adalah beberapa perkembangan umur bayi 8 bulan yang dapat kita ketahui bersama.

Duduk, Merangkak, Hingga Berdiri

Bayi Usia 8 Bulan Merangkak
Salah satu kemampuan menakjubkan yang mereka miliki pada saat memasuki usia 8 bulan adalah mulai mampu duduk sendiri tanpa dibantu oleh ibu. Hal tersebut karena pada saat mereka berusia 8 bulan, lengan, kaki, dan pinggang mereka juga semakin kuat. Sehingga dapat menopang tubuh mereka secara sempurna.
Saat bayi ibu sudah mulai dapat duduk sendiri dengan sempurna, maka merka juga akan memperlihatkan salah satu kemampuan baru mereka seperti merangkak. Hal tersebut biasanya terjadi karena mereka melihat objek yang menarik perhatian mereka, sehingga akan menimbulkan keinginan dan berusaha untuk meraihnya.
Setelah mampu merangkak, kemampuan baru mereka lainnya yakni berdiri sendiri. Namun tentu saja masih bertumpu pada suatu benda yang berada di dekat mereka seperti kursi, dipan, atau benda lainnya. Maka dari itu sebaiknya ibu memperhatikan dan menjaga merka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Perkembangan Kemampuan Tangan

Perkembangan Tangan Bayi Usia 8 Bulan
Kemampuan tangan bayi saat mereka berusia 8 bulan juga sudah semakin meningkat. Jika di usia sebelumnya mereka belum bisa menunjuk objek, maka di usianya yang 8 bulan ini mereka sudah mulai dapat menunjuk objek. Kemampuan motorik jari mereka meningkat, sehingga tidak hanya dapat menunjuk objek saja, melainkan juga mulai dapat menggenggam benda dengan lebih kuat.
Perkembangan Emosional
Selain kemampuan motorik, kemampuan emosional mereka juga akan terlihat berkembang lebih jauh. Saat berusia 8 bulan, bayi ibu sudah mulai dapat menunjukan ekspresi wajahnya saat mereka tengah merasa sedih, gembira, marah, terkejut, takut, dan saat mereka tertarik dengan sesuatu. Respon emosi mereka akan semakin baik, dan mereka juga akan semakin peka pada setiap kejadian yang mereka alami dalam keseharian.

Perkembangan Kemampuan Bahasa

Bahasa Bayi Usia 8 Bulan
Pada umumnya, saat bayi berusia 8 bulan maka biasanya mereka akan mulai mampu berbicara dengan bahasa yang sangat terbatas. Biasanya mereka sudah mulai mengenal namanya sendiri hingga mulai mampu menirukan suara-suara yang biasa mereka dengar. Mereka juga mulai mampu mengingat sedikit demi sedikit orang berbicara melalui mulutnya. Melalui hal tersebut juga mereka sekaligus belajar untuk mengatakan sesuatu.
Itulah beberapa perkembangan umur bayi 8 bulan yang mungkin dapat dikatakan terlihat cukup signifikan jika dibandingkan denga masa usia sebelumnya. Jika ibu ingin merawat mereka secara maksimal, maka tingkat pertumbuhan mereka dari waktu ke waktu wajib diketahui. Semoga informasi seputar bayi di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.

Popular Posts