Skip to main content

Makanan Tambahan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Makanan tambahan bayi usia 6 bulan
Tentunya tidak semua ibu sudah mengetahui beragam jenis makanan tambahan untuk bayi usia 6 bulan. Pasalnya jenis makanan yang diberikan pun sebaiknya memiliki gizi yang sempurna untuk dapat membantu tumbuh kembang mereka. Sehingga selain ASI, MPASI atau makanan pendamping ASI ini akan menjadi asupan nutrisi tambahan pada buah hati ibu.
Pada masa usia 6 bulan memang merupakan waktu yang tepat untuk memberikan jenis makanan pendamping ASI untuk sang buah hati. Karena pada kisaran usia 6 bulan ini, rata-rata mereka sudah cenderung mampu mencerna beragam jenis makanan selain ASI. Pemberian MPASI pada usia 6 bulan juga sebenarnya merupakan salah satu cara untuk mengurasi risiko alergi makanan pada bayi.

Loncat Ke :
Makanan Tambahan
Resep MPASI

Makanan Tambahan Bayi Umur 6 Bulan yang Baik

makanan tambahan bayi usia 6 bulan
Selain itu, saat usia mereka memasuki 6 bulan maka perkembangan tubuh mereka juga sudah semakin meningkat. Selain dapat memasukan berbagai macam benda ke mulutnya, pada usia ini mulut mereka juga sudah mulai mampu menggerakan makanan dari depan hingga mendorongnya ke bagian belakang mulutnya.
Pemberian MPASI atau makanan tambahan ini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tumbuh kembangnya. Lalu, nutrisi apa saja yang sangat dibutuhkan oleh bayi berusia 6 bulan? Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang sebaiknya terdapat pada jenis makanan tambahan untuk bayi usia 6 bulan.

Kebutuhan Sumber
Protein Daging Ayam
Ikan Laut
Ikan Air Tawar
Lemak Lemak Ikan
Karbohidrat Beras Merah
Vitamin dan Mineral Sayuran
Buah-Buahan

1. Protein

protein ikan
Salah satu nutrisi utama yang wajib terdapat pada makanan pendamping ASI atau MPASI bayi adalah protein. Karena protein ini pada nantinya dapat memperbaiki serta dapat memelihara jaringan tubuh bayi. Protein ini dapat ibu peroleh dari sumber makanan seperti daging sapi, daging ayam, ikan laut dan ikan air tawar.

2. Lemak

lemak ikan
Saat mereka sudah mulai aktif bergerak, maka sudah tentu mereka pun akan membutuhkan sumber energi yang mencukupi. Maka dari itu asupan lemak baik pun akan mereka butuhkan dalam masa-masa pertumbuhannya. Dan salah satu jenis lemak yang paling baik adalah lemak yang dihasilkan dari ikan.

3. Karbohidrat

Beras Merah
Selain protein dan lemak, karbohidrat juga merupakan salah satu nutrisi penting yang wajib ada pada makanan tambahan bayi usia 6 bulan. Pada masa usianya ini, sedikitnya bayi akan membutuhkan karbohidrat antara 68,75 gram hingga 89,39 gram setiap harinya. Dan sumber karbohidrat yang paling baik dapat ibu peroleh melalui beras merah.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin mineral
Dan saat usia bayi ibu menginjak 6 bulan, maka asupan vitamin dan mineral untuk tubuh mereka pun otomatis akan semakin banyak. Beberaa jenis vitamin yang sangat dibutuhkan antara lain seperti :
  1. Vitamin A
  2. Vitamin B
  3. Vitamin C
  4. Vitamin D
  5. Vitamin E
  6. Vitamin K
Enam jenis vitamin tersebut sebaiknya ada pada makanan pendamping yang mulai diberikan. Sumber vitamin tersebut dapat ibu peroleh melalui jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

Varian Resep Pilihan MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Makanan MPASI
Jika ibu masih bingung dengan varian resep untuk membuat MPASI, maka dapat mencoba salah satu varian resep berikut ini. Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain :

Bahan

  1. Beras merah sebanyak 25 gram
  2. Ikan sarden sebanyak 40 gram, kemudian cincang
  3. Sari air tomat sebanyak 500 ml
  4. Tahu sebanyak 20 gram, haluskan
  5. Kacang merah sebanyak 25 gram, rebus kemudian haluskan

Cara membuat :

  • Pertama-tama, cuci terlebih dahulu beras merah hingga bersih.
  • Setelah itu, campurkan dengan air sari tomat yang telah ibu siapkan sebelumnya.
  • Masak campuran tersebut hingga matang (empuk dan mengental) selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah sekitar 20 menit, masukan tahu yang telah dihaluskan, ikan sarden cincang, dan kacang merah yang telah dihaluskan. Aduk hingga semua bahan tecampur rata.
  • Masak kembali beberapa saat hingga bubur matang merata.
  • Dinginkan, lalu berikan pada bayi ibu selagi hangat.

Demikian di atas tadi adalah jenis nutrisi yang wajib ada pada makanan tambahan untuk bayi usia 6 bulan hingga varian resep MPASI yang dapat ibu coba. Semoga informasi makanan tambahan untuk bayi di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk ibu semuanya.

Popular Posts