Saturday, January 14, 2017

bayi usia 5 bulan
Dalam pertumbuhan dan perkembangan umur bayi 5 bulan ini tentu ada banyak hal baru yang akan ditemukan oleh ibu. Saat bayi memasuki usia 5 bulan, maka biasanya mereka sudah mulai belajar untuk duduk dari posisi awal tengkurap. Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya pun akan meningkat signifikan dibanding saat mereka berusia 4 bulan.
Pada umumnya, bayi laki-laki saat memasuki usia 5 bulan akan memiliki bobot atau berat normal yang berkisar di angka 6,1 hingga 9,2 Kg dengan tinggi sekitar 61,9 hingga 69,9 cm. sedangkan pada bayi perempuan usia 5 bulan, mereka biasanya akan memiliki bobot sekitar 5,5 hingga 8,7 Kg dengan tinggi antara 59,9 hingga 68,2 cm.


Pertumbuhan dan Perkembangan Umur Bayi 5 Bulan

Pada usia 5 bulan ini, kemampuan mereka akan semakin meningkat. Mulai dari kemampuan motorik kasar dan halus, panca indera mereka, kemampuan berkomunikasi, dan masih banyak lagi perkembangan lainnya. Untuk ibu yang ingin mengetahui, maka inilah beberapa pertumbuhan dan perkembangan umur bayi 5 bulan yang dapat diperhatikan.
Loncat ke :




Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Bayi umur 5 Bulan

motorik bayi usia 5 bulan
Sebagaimana yang telah dijelaskan pertama tadi, bahwa saat memasuki usia 5 bulan, mereka biasanya sudah mulai bisa duduk sendiri. Selain itu, mereka juga sudah mulai bisa berguling dari posisi awal terlentang hingga tengkurap sendiri. Dan pada masa usia ini juga mereka akan mulai belajar merangkak.
Sedangkan perkembangan motorik halus mereka adalah genggaman tangannya yang semakin kuat dari waktu sebelumnya. Ia mulai bisa menarik benda atau objek ke dekatnya hingga memindahkannya ke tangan yang lain. Pada sebagian bayi, biasanya mereka juga sudah mulai bisa memegang botol atau memegang gelas sendiri.



Perkembangan Indera Bayi Umur 5 Bulan

indera bayi usia 5 bulan
Perkembangan indera yang paling signifikan di bulan kelima usianya ini adalah perkembangan indera penglihatan mereka. Saat ini, mereka sudah mulai dapat melihat objek dengan lebih baik walaupun dalam jarak yang relatif jauh. Selain itu, penglihatan mereka juga sudah mulai dapat membedakan warna khususnya pada warna-warna menarik.



Perkembangan Komunikasi Bayi Umur 5 Bulan

komunikasi bayi usia 5 bulan
Dengan perkembangan indera pendengaran mereka di usia sebelumnya, maka saat memasuki usia 5 bulan ini ia sudah dapat mengenal dengan baik berbagai suara. Bahkan mereka sudah mulai pintar membaca gerak bibir kemudian menirukan dengan lidah dan juga bibirnya. Ia akan mulai bereksplorasi suara yang dibuatnya hingga berulang-ulang.
Kondisi tersebut diketahui merupakan awal mula terbentuknya perkembangan bahasa dan juga komunikasi mereka hingga dapat mulai berbicara. Pada usia 5 bulan ini juga mereka sudah mulai mengerti berbagai suara atau bunyi seperti suara mesin, suara hewan, dan akan mulai merespon saat nama mereka dipanggil.



Perkembangan Bayi Umur 5 Bulan Dari Minggu ke Minggu

pekembangan bayi usia 5 bulan
Adapun beberapa perkembangan yang sebaiknya ibu perhatikan dari minggu ke minggu pada masa usianya yang memasuki 5 bulan antara lain seperti :

  • Minggu ke-18 : Singkronisasi antara suara dengan gerakan.
  • Minggu ke-19 : Mulai senang mendengarkan musik dibandingkan dengan percakapan.
  • Minggu ke-20 : Mulai memahami jalur.
  • Minggu ke-21 : Mulai mencocok-cocokan suara dengan gerakan.

Demikian di atas tadi adalah beberapa pertumbuhan dan perkembangan umur bayi 5 bulan yang telah kita ketahui bersama. Dengan mengetahui apa saja yang akan dialami mereka, maka ibu pun akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk merawat dan membesarkan sang buah hati dengan baik. Semoga informasi seputar bayi terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk ibu semuanya.