Skip to main content

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Jika bicara soal pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 1 bulan, maka sebenarnya ada cukup banyak hal yang dapat diperhatikan. 1 tahun pertama usianya merupakan masa-masa tumbuh kembangnya yang sangat menakjubkan. Mengapa demikian? Pasalnya pada masa-masa usia tersebut Ibu akan melihat fase perubahan dari bayi hingga menjadi anak kecil.
Ya, karena di usia 1 tahun, terdapat sebagian bayi yang sudah mulai dapat belajar berjalan. Maka dari itulah mengapa masa-masa tersebut dikatakan sebagai fase yang sangat menakjubkan pada seorang anak. Bagi Ibu yang perduli terhadap tumbuh kembangnya, maka sudah tentu wajib mengetahui setiap fase yang akan berlangsung.
Bayi Usia 1 Bulan

Pertumbuhan Dan Perkembangan Usia Bayi 1 Bulan

Tidak terkecuali pada usianya yang masih 1 bulan. Lalu, apa saja pertumbuhan dan perkembangan bayi pada masa usia 1 bulan? Bagi Ibu yang ingin menambah wawasan, maka berikut ini adalah pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 1 bulan.

Pertumbuhan Bayi Usia 1 Bulan

pertumbuhan bayi usia 1 bulan
Salah satu hal yang akan mengejutkan pada masa usianya yang baru 1 bulan adalah turunnya berat badan dari saat ia lahir. Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa setiap bayi pada umumnya dilahirkan dengan cairan yang berlebihan di dalam tubuhnya. Maka dari itu, pada saat beberapa hari di kehidupan pertamanya, biasanya bayi akan kehilangan sekitar 10% berat tubuhnya.
Kondisinya yang belum stabil tersebut biasanya tidak akan berlangsung lama, karena setelahnya berat badan bayi akan terus berangsur naik. Pertumbuhannya dapat dikatakan sangat cepat, terlebih jika Ibu memberikan ASI ekslusif yang berkualitas. Karena dalam waktu 2 minggu pun berat badannya akan meningkat signifikan hingga 1 bulan pertama.

Perkembangan Kemampuan Motorik Pada Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan motorik bayi usia 1 bulan
Selain pertumbuhannya yang meningkat signifikan, bayi yang baru saja lahir pun memiliki kemampuan-kemampuan alami yang akan terus meningkat sesuai dengan usianya yang bertambah. Adapun beberapa gerak refleks bayi yang sudah menjadi bawaan mereka semenjak lahir antara lain seperti :
  • Mengisap
  • Refleks ini merupakan refleks paling alamiah, karena pada saat itu mereka akan mulai mencari sumber makanan mereka melalui payudara Ibu yakni ASI atau dot. 
  • Mengeluarkan Makanan
  • Refleks selanjutnya yang juga merupakan refleks alamiah dari bayi adalah segera mengeluarkan atau memuntahkan objek yang berada di kerongkongan mereka untuk menghindari tersedak.
  • Genggaman Tangan yang Kuat
  • Ini juga merupakan refleks alami bayi lainnya saat mereka lahir, ketika diberikan jemari maka mereka akan menggenggamnya se-erat mungkin. 
  • Refleks Moro
  • Refleks moro ini merupakan gerakan refleks bayi saat mereka terkejut atua merasa kaget. Biasanya, kondisi tersebut akan ditandai dengan jemari mereka yang membuka dan merentangankan kedua tangannya.
  • Refleks Melangkah
  • Kendati usia mereka belum genap 1 tahun, namun mereka sudah memiliki gerak refleks melangkah. Hal tersebut dapat diketahui ketika Ibu menapakan kaki merka pada permukaan datar, maka mereka akan terlihat seperti melangkah.

Perkembangan Indera Penglihatan Pada Bayi Usia 1 Bulan

Pengelihatan bayi usia 1 bulan
Selain gerak refleks dan motorik, indera penglihatan bayi pada masa usia 1 bulan pertama pun dapat dikatakan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Kendati di awal-awal kelahirannya mereka cenderung menutup mata dan tertidur, namun waktu demi waktu penglihatan mereka mulai membaik.
Karena awalnya, mereka hanya dapat melihat jelas objek dengan jangkauan sekitar 25 cm. Dan mereka biasanya akan sangat tertarik pada objek seperti wajah manusia. Selain itu, objek seperti gelap dan terang hingga objek berbentuk bulat juga akan menarik perhatian mereka. Jika terlihat juling ketika mereka fokus, kondisi tersebut merupakan hal yang normal dalam fase perkembangan indera penglihatan mereka.

Perkembangan Indera Pendengaran Pada Bayi Usia 1 Bulan

Pendengaran bayi usia 1 bulan
Kendati belum bisa mendengar jelas dan indera pendengaran mereka belum berfungsi dengan sempurna, namun secara alami mereka biasanya sudah mengenali suara sang Ibu. Selain itu, mereka juga biasanya akan tertarik pada suara yang lembut yang berirama tinggi dengan ritme yang cenderung lambat dan menenangkan. Uniknya, mereka dapat memblokir pendengaran yang dapat mengganggu pendengaran mereka.

Perkembangan Indera Perasa Pada Bayi Usia 1 Bulan

Seperti kebanyakan anak-anak yang berusia lebih besar, bayi juga ternyata lebih menyukai rasa yang manis. Namun pada fase ini, mereka sebenanya belum dapat merasakan atau membedakan rasa asam atau pahit. Namun indera penciuman mereka biasanya akan langsung berkembang sempurna untuk membedakan aroma kulit ibu dan aroma ASI pada beberapa hari pertama kehidupannya.
Itulah beberapa pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 1 bulan yang dapat Ibu perhatikan. Jika terdapat hal yang tidak sesuai atau merasa ada kelainan, maka sebaiknya ibu segera berkonsultasi dengan ahli medis ataupun dokter. Semoga informasi kesehatan bayi di atas dapat menjadi referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Ibu semuanya.

Popular Posts