Sunday, January 8, 2017

Pertumbuhan perkembangan bayi usia 4 bulan
Seiring dengan tumbuh kembangnya maka terdapat cukup banyak fase pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 4 bulan yang dapat diperhatikan. Karena pada masa usia 4 bulan ini, bayi ibu biasanya sudah mulai responsif dan akan lebih waspada. Mereka mulai gemar mengekspresikan berbagai macam hal yang dirasakan melalui senyum dan celotehan.
Kehadiran sang buah hati tentu saja memberikan suasana yang berbeda bagi sebuah keluarga. Banyak momen-momen indah yang akan dirasakan oleh settia orang tua bersama dengan buah hati mereka. Salah satunya yakni pada saat masa-masa pertumbuhan dan perkembangaan mereka. Dimana fase ini dipastikan tidak akan dapat terulang kembali.

Pertumbuhan dan Perkembangan Usia Bayi 4 Bulan

Selain untuk mengetahui normal atau tidaknya pertumbuhan dan perkembangan bayi, masa-masa tersebut juga akan menjadi pembelajaran tersendiri bagi para orang tua. Lalu, apa saja pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 4 bulan? Berikut ini adalah penjelasannya.
Loncat ke :


Pertumbuhan Tubuh Bayi Usia 4 Bulan

pertumbuhan tubuh bayi usia 4 bulan
Saat memasuki masa usia 4 bulan, maka berat badan bayi pada umumnya akan naik hingga dua kali lipat dari waktu lahir. Khususnya pada bayi asix yang selalu mendapatkan ASI ekslusif. Namun jika ibu merasa khawatir pada berat badan bayi yang tidak bertambah karena merasa kurang mendapatkan asupan gizi, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Pertumbuhan Gigi Bayi Usia 4 Bulan

Pertumbuhan gigi bayi usia 4 bulan
Jika bayi ibu mulai menampakan gigi atau tumbuh gigi pada usia 4 bulan ini maka janganlah khawatir. Karena pertumbuhan gigi bayi tidak hanya tumbuh pada masa usia 8 bulan saja, namun ada juga sebagian bayi yang tumbuh gigi pada masa usia 4 bulan. Adapun beberapa tanda yang dapat diperhatikan antara lain adalah :
  1. Mulai sering menggigit objek/benda
  2. Mulai ngiler atau mengeluarkan banyak air liur
  3. Terdapat ruam pada wajah karena air liur yang berlebihan
  4. Sering rewel
  5. Sering mengucek pipi
  6. Kehilangan selera makan
  7. Hingga mengalami diare pada sebagian bayi

Perkembangan Motorik Bayi Usia 4 Bulan

perkembangan motorik bayi usia 4 bulan
Pada masa usia 4 bulan, biasanya motorik halus mereka mulai mengalami peningkatan. Mereka akan semakin terampil memindahkan objek dari satu tangan ke tangan yang lain dan menggapai berbagai benda.
Dan untuk motorik kasar, bayi ibu biasanya sudah mulai dapat menegakan kepala tanpa harus terhuyung-huyung. Lehernya akan semakin kuat menahan kepala, baik saat duduk maupun saat mereka tengkurap.
Pada masa usia bayi 4 bulan ini juga mereka akan mulai belajar berguling, seperti dari posisi tengkurap hingga menuju posisi terlentang. Pada masa ini ibu dapat mulai membantu pergerakan mereka.

Perkembangan Indera Bayi Usia 4 Bulan

perkembangan indera bayi usia 4 bulan
Jika di usia sebelumnya bayi ibu masih kesulitan membedakan kontras warna, maka saat memasuki masa usia 4 bulan ini penglihatan mereka sudah semakin tajam. Jangkauan penglihatanya pun semakin jauh dan bola mata mereka sudah lebih proposional dan tidak juling lagi. Sehingga mereka mulai bisa mengikuti objek secara bersamaan menggunakan kedua mata mereka.

Perkembangan Komunikasi Bayi Usia 4 Bulan

perkembangan komunikasi bayi 4 bulan
Pasa masa usia 4 bulan ini bayi akan lebih menyadari kehadiran orang-orang disekitarnya. Pada usia 4 bulan ini juga mereka akan mulai belajar berkomunikasi lebih efektif. Selain itu, mereka juga dapat mulai mengekspresikan berbagai emosi yang tengah dirasaka hingga mulai mengenali emosi dari suara dan ekspresi wajah.
Adapun beberapa perkembangan bayi pada usia 4 bulan dari minggu ke minggu antara lain adalah :
  • Minggu ke-14 : Mulai memahami sebab dan akibat
  • Minggu ke-15 : Mulai mampu mengingat 
  • Minggu ke-16 : Memiliki penglihatan yang semakin baik
  • Minggu ke-17 : Mulai memperhatikan pola (tidur dan makan)
Itulah beberapa pertumbuhan dan perkembangan usia bayi 4 bulan yang dapat ibu pelajari dan ibu ketahui. Semoga informasi seputar bayi di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk ibu dan calon ibu semuanya.