Tuesday, January 3, 2017

Sebagai calon ibu maka sudah tentu Anda wajib mengetahui berbagai pertumbuhan dan perkembangan umur bayi 3 bulan. Setelah perkembangannya di bulan pertama dan kedua, maka pada bulan ketiga mereka juga akan menunjukan perkembangan yang menakjubkan. Karena pada masa usia tersebut, bayi akan semakin sadar dengan lingkungan di sekitarnya.

Mengetahui perkembangan sang buah hati dari masa ke masa tentu akan menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan bagi seorang ibu. Selain itu, hal tersebut juga akan menjadi pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi seorang ibu. Pasalnya ibu sebaiknya tidak hanya mengetahui melalui teori saja, melainkan juga sebaiknya mengetahui fakta aslinya.


Pertumbuhan dan Perkembangan Umur Bayi 3 Bulan

pertumbuhan bayi usia 3 bulan

Karena dari waktu ke waktu, buah hati ibu biasanya akan menunjukan hal-hal baru terkain perkembangan dan pertumbuhannya. Lalu, apa saja pertumbuhan dan perkembangan umur bayi 3 bulan? Untuk mengetahui jawabannya, maka silahkan simak terus ulasan yang akan coba kami bagikan untuk ibu semuanya dibawah ini.

Tumbuh Kembang Motorik Umur Bayi 3 Bulan

Motorik Bayi usia 3 bulan

Berbeda dengan dua bulan sebelumnya, saat mereka menginjak masa usia tiga bulan, mkaa cukup banyak perkembangan baru yang dapat Anda perhatikan. Salah satunya pada gerak motorik mereka. Adapun beberapa tumbuh kembang motorik bayi saat mereka berusia 3 bulan antara lain seperti :


  • Hilangnya refleks kaget yang biasanya mereka perlihatkan pada masa-masa usia 1 hingga 2 bulan. Pada masa ini, refleks tersebut biasanya akan berkurang dan berangsur hilang.
  • Otot leher mereka juga diketahui menjadi lebih kuat dan mulai mampu menopang kepalanya.
  • Tubuh bagian atas pun sudah menjadi lebih kuat khususnya pada bagian lengan mereka. Karena pada usia 3 bulan, saat dalam posisi telungkup maka tangan mereka sudah mampu untuk menopang kepala dan juga dadanya.
  • Refleks kaki mereka menjadi semakin baik dan kuat serta sudah mulai mampu menendang.
  • Perkembangan lainnya saat usia mereka memasuki masa 3 bulan adalah perkembangan koordinasi antara mata dan juga tangan. Mereka sudah mampu membuka dan menutup tangan hingga memukul dan menunjuk ke arah mainan dengan warna-warna mencolok. Selain itu, mereka juga sudah mulai mampu meraih mainan hingga bermain dengan tangan.
  • Mereka juga biasanya sudah mulai bisa membuat suara dan gerakan serta menjadi awal untuk memahami banyak hal termasuk sebab dan akibat.

Perkembangan Tidur Umur Bayi 3 Bulan

bayi usia 3 bulan tidur

Sistem saraf bayi umur 3 bulan diketahui sudah semakin sempurna, selain itu, lambungnya juga sudah mulai mampu menampung banyak air susu. Hal tersebut berarti akan membuat mereka tertidur lebih lama antara 6 hingga 7 jam dalam satu waktu. Karena saat perut mereka penuh, maka mereka biasanya akan cenderung tidur dan tenang.

Selain itu, jadwal dan pola tidur mereka di masa usia 3 bulan ini akan semakin membaik dan lebih teratur. Kebanyakan bayi berusia 3 bulan pada umumnya biasanya akan tertidur sebentar-sebentar dengan rentang waktu antara 1 hingga 2 jam untuk sekali tidur dalam waktu sehari.

Perkembangan Indera Bayi Umur 3 Bulan

Indera Bayi usia 3 Bulan

Selain pola tidur dan gerak motorik mereka, saat memasuki usia 3 bulan maka bayi juga akan mengalami perkembangan yang signifikan pada beberapa inderanya. Adapun beberapa perkembangan indera bayi usia 3 bulan antara lain seperti :


  • Pendengaran dan penglihatan mereka sudah semakin sempurna. Mereka sudah mulai senang mendengarkan berbagai macam jenis musik dan sudah dapat tersenyum pada arah suara orang tuanya.
  • Mereka juga akan lebih senang dan mudah terpancing untuk melihat warna-warna yang mencolok dan tajam.
  • Mereka juga akan mulai mengingat raut wajah yang dilihatnya, mereka juga akan menatap mata yang melihatnya.

Perkembangan Komunikasi Umur Bayi 3 Bulan

komunikasi bayi usia 3 bulan

Pada masa usia 3 bulan, bayi juga sudah mulai menunjukan perkembangan komunikasi mereka. Adapun beberapa perkembangan yang umum terjadi pada bayi berusia 3 bulan antara lain seperti :


  • Kemampuan sosialnya mulai terlihat, ia mulai mampu berinteraksi dengan orang dan mulai tersenyum saat merasa senang.
  • Pada masa usia ini juga mereka akan jarang menangis dan hanya akan menangis dengan durasi maksimum hingga 2 jam dalam sehari.
  • Dan pada umur 3 bulan ini juga bayi ibu biasanya sudah mulai banyak berceloteh dan menyerukan suara-suara vokal.

Itulah beberapa pertumbuhan dan perkembangan umur bayi 3 bulan yang dapat ibu ketahui dan pelajari. Semoga informasi tumbuh kembang bayi di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk ibu semuanya.