Skip to main content

Tips dan Cara Merawat Bayi Usia 4 Bulan

Saat bayi ibu memasuki usia 4 bulan maka sebagai orang tua ibu juga wajib mengeahui bagaimana cara merawat bayi usia 4 bulan. Jika dibandingkan dengan usia di bulan-bulan sebelumnya, maka sudah tentu di usianya yang masuki empat bulan ini cara perawatannya pun akan mulai berbeda.
Pasalnya cukup banyak perkembangan dan tingkat pertumbuhan yang dialami oleh buah hati ibu. Salah satunya seperti pola makan bayi. Karena pada sebagian bayi yang masuki fase usia 4 bulan ada yang sudah dapat menerima MPASI atau makanan tambahan. Terlebih jika ASI yang diberikan oleh ibu tidak ekslusif selama minimal 6 bulan.
bayi usia 4 bulan

Inilah Tips dan Cara Merawat Bayi Usia 4 Bulan

Maka sudah tentu susu formula dan makanan tambahan akan menjadi menu utama makanan bayi ibu. Tentu saja tidak hanya faktor makanan, namun masih cukup banyak metode merawat bayi saat mereka memasuki usia 4 bulan. Apa saja yang harus ibu lakukan? Berikut ini adalah tips dan juga cara merawat bayi usia 4 bulan.
Loncat ke :

Perawatan Bayi Usia 4 Bulan - Makan

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas tadi, bahwa saat memasuki usia 4 bulan ada sebagian bayi yang sudah dapat menerima MPASI atau makanan tambahan. Namun hal ini hanya berlaku bagi bayi yang bertubuh bongsor atau besar, sehingga asupan makanan yang mereka butuhkan pun akan cenderung lebih banyak.
perawatan bayi usia 4 bulan

Selain itu, pastikan juga bahwa mereka sudah mampu menerima jenis makanan padat dan sudah mampu menopang kepala dengan baik menggunakan lehernya. Sehingga mereka dapat duduk tanpa harus disangga. Namun jika ibu masih ragu, maka akan lebih baik jika kondisi tersebut dikonsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu.
Cpntoh makan padat yang dapat diberikan pada bayi bersuai 4 bulan adalah bubur susu yang cenderung encer, dapat dicampur dengan ASI atau susu formula. Selain itu, ibu juga dapat memberikan buah-buahan yang dihaluskan dan diencerkan seperti alpukat, pisang, pir, dll. Lihat juga reaksi buah hati ibu, jika mereka menolak, maka sebaiknya ibu menunda pemberian makanan tambahan tersebut.


Cara Merawat Bayi 4 Bulan

Tips merawat bayi usia 4 bulan

Selain faktor makanan, tentu ada cukup banyak tips dan juga cara perawatan bayi yang sebaiknya diperhatikan dengan baik oleh ibu. Beberapa tips dan juga cara perawatan bayi 4 bulan yang dapat diperhatikan antara lain adalah :

  1. Mulailah memberikan buah hati ibu mainan atau benda untuk menstimulasi eksplorasi mereka.
  2. Mulailah meluangkan waktu khusus untuk membaca hingga bernyanyi untuk mereka.
  3. Hindari meletakan benda-benda kecil yang dapat tertelan oleh mereka, karena pada masa usia 4 bulan bayi biasanya akan selalu memasukan berbagai macam benda ke dalam mulutnya.
  4. Berikan sentuhan yang lembut untuk mempererat ikatan batin antara ibu dengan bayi. Selain itu, sentuhan juga diketahui dapat membantu perkembangan otak mereka. Bahkan mengelus kepala mereka hingga tertidur akan membantu tubuhnya melepaskan beberapa jenis hormon yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh mereka.
  5. Jika ibu sudah mengetahui caranya, maka luangkanlah waktu untuk memberikan pijatan pada buah hati ibu selama beberapa menit perhari. Pijatan tersebut diketahui dapat membantu tumbuh kembang mereka, khususnya untuk pertumbuhan tubuh bayi. Tak hanya itu, memberikan pijatan juga akan menurunkan tingkat produksi hormon yang dapat memicu stres pada bayi. Denngan begitu, pertumbuhan tubuh mereka pun akan berangsur lebih cepat hingga dapat membuat mereka tidur lebih nyenyak.

Itulah beberapa tips dan juga cara merawat bayi usia 4 bulan yang dapat dapat ibu coba. Memiliki informasi lebih mengenai tumbuh kembang bayi dari waktu ke waktu tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri bagi ibu. Semoga informasi tumbuh kembang bayi sehat di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk ibu semuanya.

Popular Posts