Skip to main content

Cara Merawat Bayi Usia 1 Bulan

Beragam tips dan juga cara merawat bayi usia 1 bulan tentu akan menjadi informasi yang sangat penting bagi Anda para ibu muda. Karena merupakan anak pertama, maka sudah tentu ibu pun belum memiliki pengalaman seputar merawat dan mengurus bayi. Sebaiknya tidak dianggap hal yang sepele, karena pada nyatanya merawat bayi bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Untuk itu, banyak para ahli yang menyarankan untuk mempelajari hal tersebut sebelum sang buah hati akhirnya lahir. Sebagai seorang ibu, tentu saja Anda akan memiliki naluri untuk memberikan yang terbaik untuk buah hati Anda. Namun hal tersebut tentu tidak hanya cukup dengan naluri saja, akan tetapi para ibu juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

merawat bayi 1 bulan

Tips dan Cara Merawat Bayi Usia 1 Bulan

Khususnya seputar bayi, mulai dari perkembangan, pertumbuhan, hingga bagaimana cara merawat dan mengurus bayi dari lahir. Terlebih pada masa-masa awal kehadirannya ke dunia. Tubuhnya yang masih sangat rentan dan strktur tulangnya yang masih belum kuat mungkin menjadi alasan utama mengapa merawat dan mengurus bayi yang baru lahir tidak bisa sembarangan.

Oleh sebab itu, bagi Anda para ibu yang ingin bisa merawat bayi dengan tepat dan benar hendaknya menambah wawasan Anda seputar hal tersebut. Bagi Anda yang membutuhkan referensi atau ingin mengetahui bagaimana cara perawatan tersebut, maka inilah beberapa tips dan juga cara merawat bayi usia 1 bulan yang dapat diperhatikan.

Pemberian Makanan

Perawatan pertama pada bayi usia 1 bulan yang wajib diperhatikan adalah cara memberi makan mereka. Usia bayi 1 bulan biasanya hanya akan mengkonsumsi ASI atau Air Susu Ibu dan juga Susu Formula bagi ibu yang tidak mampu memproduksi ASI. Pemberian makanan untuk bayi ini biasanya akan dilakukan ketika sang bayi meminta.

Namun juga dapat dijadwalkan sesuai dengan metode mana yang lebih cocok untuk ibu dan bayi. Adapun durasi pemberian makan untuk bayi usia 1 bulan antara lain :



  • ASI
  • ASI

    Untuk bayi ASI, biasanya mereka akan menyusu antara 8 hingga 12 kali setiap harinya. Dan biasanya, durasi tersebut akan berlangsung setiap 2 hingga 3 jam sekali.

  • Susu Formula
  • susu formula

    Sedangkan untuk bayi yang mengkonsumsi susu formula, mereka hanya perlu mengkonsumsi susu formula antara 6 hingga 8 kali setiap harinya.



Pada saat mereka lapar, maka biasanya mereka akan mencari payudara ibu atau menangis dan cenderung rewel. Ia akan menggerakan mulutnya ketika pipinya disentuh oleh jemari ibu. Untuk bayi yang asupan makanannya sudah terpenuhi dengan baik, maka merekaa akan tertidur pulas. Bersamaan dengan hal tersebut, mereka juga akan buang air antara 4 hingga 6 kali dalam sehari.

Cara Berkomunikasi

komunikasi bayi

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa bayi dengan usia 1 bulan masih hanya memiliki 1 cara komunikasi saja yakni menangis. Namun dari tangisan tersebut mereka seolah mengisyaratkan banyak hal pada sang ibu. Seperti mengatakan bahwa mereka lapar, rasas tidak nyaman karena popok mereka basah, hingga mereka sudah merasa lelah dan ingin tidur.

Maka dari itu, Anda juga harus mengerti dan mengenali arti tangisan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menenangkan mereka dengan cara menggendong, memberi makan, hingga mengganti popoknya. Pada umumnya, bayi akan menangis hingga 3 jam setiap harinya. Namun hal tersebut biasanya akan terus berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Pola Tidur Bayi

pola tidur bayi 1 bulan

Pada minggu pertama kelahirannya, biasanya bayi akan tertidur selama 15 hingga 16 jam setiap harinya. Waktu tidurnya tidak akan beraturan karena mereka belum bisa membedakan siang dan juga malam. Siklus tidurnya sendiri cenderung singkat dan mereka mudah terbangun pada awal-awal minggu tersebut.

Untuk itu, cobalah untuk menyesuaikan waktu tidur mereka dengan cara membatasi aktivitas mereka pada siang hari. Selain itu, ciptakan juga suasana yang nyaman dan hening pada malam hari agar tidur mereka tidak terganggu. Dengan begitu, perlahan mereka pun akan mengerti bahwa siang hari untuk bermain dan malam hari untuk beristirahat.

Lakukan Kontak Fisik

kontak fisik

Pada masa 1 bulan pertama biasanya merupakan masa penyesuaian bagi ibu dan masa pengaturan untuk bayi. Oleh sebab itu, lakukan kontak fisik sesering mungkin agar mereka mengetahui bahwa terdapat sentuha yang mencintainya. Kontak fisik dapat dilakukan dengan cara menggendong, memijat, atau melakuka hal lainnya. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Itulah beberapa tips dan juga cara merawat bayi usia 1 bulan yang dapat dicoba. Semoga informasi perawatan bayi usia 1 bulan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.


Popular Posts